Saturday, May 5, 2018

Dewasa.

Sedari kecil kita dibiasakan oleh orang tua hal hal baik, kebiasaan - kebiasaan baik. seperti tidur siang misalnya, pulang sekolah langsung pulang, lalu belajar untuk pelajaran besok, dan tidak boleh tidur larut malam. tujuannya yaitu ketika besok bersekolah secara fisik kita sudah siap dan disiapkan, begitulah. Namun beberapa anak menganggap bahwa kebiasaan itu terasa memberatkan, atau mereka terkadang terlalu dikekang, tidak bebas, lalu adanya semacam hukuman apabila tidak menurut sehingga anak - anak cenderung memberontak padahal secara logika mungkin mereka memang belum paham dampak dari pembiasaan itu. 
namun semakin bertambahnya usia menuju dewasa, sebagian orang tua lebih membiarkan apa yang kita lakukan. Kenapa seperti itu? Karena berambah dewasanya kita, kita sudah tahu mana yang baik dan buruk. Mana yang benar, mana yang kurang benar dan tidak benar dan secara tidak langsung kita belajar sendiri oleh lingkungan. 
Kawan kawan begini yang ingin kusampaikan, setiap orang tua pasti mengajarkan hal - hal yang baik ya namun kita sebagai makhluk sosial, lingkungan memiliki peranan penting juga dalam pembentukan karakter kawan- kawan. Sebagai contoh, satu hal yang miris menurut saya adalah maraknya perokok dibawah umur yang ada disekitar kita, dampaknya mungkin ada yang merasa biasa saja, kemudian ada yang merasa terganggu. disisi lain, rokok menjadi salah satu pengobat stres oleh perokok itu sendiri. mereka merasa lebih baik ketika merokok. Melepaskan kebiasaan tak semudah mencobanya kawan. begitu cerita perokok aktif. 

Kenapa marak sekali perokok dibawah umur, karena pengawasan dari orang tua yang kurang, lalu lingkungan sangat mendukung, lalu masyarakat yang acuh tak acuh. harapan saya atas tulisan ini adalah saya berharap kawan - kawan menjadi masyarakat yang peduli dengan lingkungan sekitar anda. apa yang buruk cobalah untuk diperbaiki sedikit demi sedikit. 

Tidak ada yang perlu disalahkan, baik perokok, kemudian perokok pasif, lalu perusahaan rokok atau pemerintah sekalipun. di negara kita, rokok bukan suatu hal yang dilarang. perusahaan rokok bahkan maju cukup besar dan banyak.  

kembali lagi semua ada pada diri kawan kawan. 
yang masih merokok, ingat kesehatanmu. -lho aku baik to mengingatkan.-
yang merasa terganggu dengan asap rokok, memintalah baik baik untuk tidak merokok didekat anda, atau anda yang mengalah mencari tempat lain. 
yang bertekad untuk berhenti merokok, saya sangat mendukung keputusanmu itu.
yang akan merokok, saran saya jangan coba coba. balik lagi ke point utama, kesehatanmu.

Ayo pelan pelan, jadi generasi cerdas, sehat, kuat. setiap orang berhak lebih baik. 


No comments:

Post a Comment

Link list